Wednesday, March 20, 2019

Mengenal Notasi Musik

      NOTASI MUSIK

    Notasi asal kata dari Not, yang artinya dalam adalah suatu tanda atau lambang dalam musik. bentuk Not terdiri dari Kepala Not (berbentuk elips), Tangkai Not, dan Bendera. Gambar Not seperti yang tertera pada gambar Berikut:





    Not dituliskan pada Garis Paranada yang terdiri dari lima garis dan empat spasi seperti yang tertera pada gambar berikut ini.





    Not yang diletakkan pada garis paranada dapat dibaca apabila terdapat tanda kunci pada garis paranada.



Kunci G menunjukkan bahwa nada yang terletak pada garis 4 adalah nada "G"
Kunci F menunjukkan bahwa nada yang terletak pada garis 2 adalah nada "F"
Kunci C Alto menunjukkan bahwa nada yang terletak pada garis 3 adalah nada "C"
Kunci C Tenor menunjukkan bahwa nada yang terletak pada garis 2 adalah nada "C
Garis Birama yaitu ruas-ruas yang membagi kalimat lagu kedalam ukuran yang sama. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini




    Nilai Not pada Notasi Balok terdiri dari Not Penuh (bentuk bulat tidak dihitamkan dan tanpa tangkai), Not Setengah (bentuk bulat tidak dihitamkan, memiliki tangkai), Not Seperempat (bentuk bulat dihitamkan, memiliki tangkai), Not Seperdelapan (bentuk bulat dihitamkan, memiliki tangkai dan satu bendera), Not Seperenambelas (bentuk bulat dihitamkan, memiliki tangkai dan dua bendera), dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.




    Nilai Tanda diam pada Notasi Balok juga terdiri dari Tanda Diam Penuh, Setengah, Seperempat, Seperdelapan, Seperenambelas dan seterusnya.





    Tanda Sukat atau biasa disebut Tanda Birama berbentuk pecahan yang menjadi penentu jumlah ketukan pada not. contoh pada Tanda Sukat 4/4 menunjukkan terdapat empat ketukan dan terdapat empat Not atau Tanda diam seperempat pada tiap birama. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini




                                                                              *sumber : dari berbagai informasi diinternet
                                                                              *kalo mau copas comment dlu :v

No comments:

Post a Comment